Rabu, 08 November 2017

Cara Membeli Domain dan Hosting Yang Bagus

Hasil gambar untuk Membeli Domain dan Hosting

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Untuk membuat satu website yang profesional, hal basic yang perlu dipunyai yaitu domain dan hosting. Pasti bukanlah yang gratisan. Kita harus beli dan menyewanya. Tetapi, ada banyak jasa hosting yg tidak dapat diakui di internet.

Olehnya itu, memerlukan cara untuk beli domain dan hosting yang berkwalitas. Agar situs atau situs (blog) yang nanti kita kelola aman dan tentram selamanya.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat buat website sendiri yaitu peroleh nama domain sendiri. Sebuah domain yaitu nama yang ingin diberi untuk website yang juga akan di buat. Jadi contoh " blogooblok. com ".

Agar bisa nama domain, kita harus membayar biaya sewa tahunan jadi hak pemakaian nama itu. Bila di Indonesia semua kewenangan ini dinaungi oleh Pandi (Penyedia Nama Domain Indonesia).

Penyewaan ini karena nama website itu unik, dan hanya hanya satu di internet. Hingga harus berlainan dengan yang beda. Bila tidak lain, orang pastinya akan bingung mana website miliki anda dan mana website yang punya orang yang lain.

Tapi harus diingat, memiliki nama domain bukanlah bermakna anda telah memiliki sebuah website. Nama domain ini hanya sebuah nama. Seperti mendaftarkan ijin usaha sebuah PT atau CV dalam dunia riil. Memiliki ijin usaha ini bukanlah bermakna memiliki toko atau gudangnya bukan?

Lalu toko atau gudangnya di mana?

Toko atau gudang tersebut yang dalam dunia internet dikatakan sebagai hosting. Kesalahan memilih hosting pasti juga akan beresiko pada situs kita nanti. Oleh karenanya ada beberapa hal krusial yang perlu di perhatikan untuk memilih hosting.

Penyedia situs hosting di Indonesia yang semakin tambah banyak sehari-harinya buat kita perlu tingkatkan kehati-hatian dalam membelinya. Berikut beberapa referensi yang perlu dipunyai satu penyedia situs hosting agar dinilai berkwalitas.

1. Dukungan Penyedia Layanan Hosting 

Hal paling penting yang perlu di perhatikan bila akan beli hosting yaitu layanan dukungannya. Terlebih untuk penyedia hosting di Indonesia. Kenapa ini penting, karena bila penyedia layanan hostingnya sulit dihubungi, responnya lambat dan sebagainya juga akan menyusahkan kita apabila tengah hadapi problem.

Jauhi penyedia hosting dengan dukungan melalui handphone saja. Mungkin saja yang mengelola hosting hanya satu orang. Terkecuali hosting berkaitan memberikan juga nomor telepon kantor. Itu dapat dimaklumi.

Mencari penyedia hosting Indonesia yang memiliki akses dukungan sebanyak-banyaknya diantaranya : Telepon Kantor (nomor telepon kabel), Messenger (Yaho Messenger, Google Talk, dan lain-lain dan janganlah lupa perhatikan availabilitasnya dalam makna sering on-line atau tidak), E-mail, Situs based dan Telepon Seluler/CDMA. Yang lebih penting sekali lagi, miliki layanan chat sendiri.

Sebelumnya menjatuhkan pilihan beli hosting di satu situs host, coba terlebih dulu melakukan kontak dengan penyedia hostingnya. Check tanggapan timenya. Tanyakanlah beberapa hal basic untuk mengetes layanan mereka.

2. Perhatikan Type Layanannya 

Beberapa orang sering terkecoh pada type layanan situs hosting. Tersebut kenapa type service yang didapatkan harus di teliti dengan baik. Janganlah terkecoh dengan harga yang murah tapi kwalitas tidak memuaskan.

Jangan pernah terjadi hal yang konyol, di mana kita perlu PHP namun jadi hosting yang dibeli hanya provide ASP. Oleh karena itu, sebelumnya beli hosting beberapa parameter penting dalam service berikut ini harus di perhatikan.
  • Dukungan Bhs pemrograman (PHP, ASP, dan lain-lain) 
  • Database yang disiapkan (MySQL, PostGRESQL, dan lain-lain) 
  • E-mail 
  • Ukuran space hardisk 
  • Bandwidth 
  • Fantastico (untuk mempermudah instalasi aplikasi) 
Janganlah lupa perhatikan juga batasan/limit service yang didapatkan misalnya limit user database, limit bandwidth, user e-mail, dan lain-lain. Sebisa-bisanya jauhi penyedia hosting Indonesia yang memberi layanan unlimited, layanan ini dengan umum juga akan menggunakan bandwidth dan resource server.

3. Miliki Kantor Tetap 

Situs hosting baik senantiasa miliki tempat kantor tetaplah dan berbadan hukum. Bila perlu datang segera ke tempat untuk ketahui keberadaannya atau minimum kerjakan kontak dengan dukungannya dan tanyakanlah tempat kantornya. Ini untuk menguji keabsahan tempatnya.

4. Check Pengalaman Perusahaan dalam Mengelola Hosting 

Hal semacam ini dapat dicek dari dukungannya yang baik. Bila perusahaan itu baik, maka pengalaman perusahaan itu telah banyak. Tetapi untuk di Indonesia, hal semacam ini ada pula bagian negatifnya yakni makin laris sebuah penyedia jasa hosting Indonesia, maka makin banyak pemakai dalam sebuah servernya.

Hal semacam ini sudah pasti juga akan menyebabkan pada semakin tingginya trafik yang masuk dan beresiko pada lambatnya tanggapan server. Oleh karenanya, sebelumnya beli mintalah pada penyedia jasa kita untuk menempatkan hosting di server yang masih tetap rendah trafiknya.

5. Check Servernya 

Karena hosting itu yaitu bagian dari server, maka sebelumnya beli check terlebih dulu spesifikasi server, kestabilan server dan koneksi server yang dipakai perusahaan situs hosting berkaitan. Apakah di USA, Singapura atau di Indonesia.

Pilihlan penyedia hosting Indonesia yang sediakan tempat server yang beragam. Penentuan tempat server harus memerhatikan tujuan pengunjung yang ditarget. Bila anda membidik pengunjung dari Indonesia, baiknya pilih tempat server di Indonesia saja. Ini karena tempat server sangat mempengaruhi kecepatan akses ke satu website.

6. Check URL-nya 

Hadirnya SSL saat ini mempermudah kita mengecek mana website yang baik dan mana yang kurang. Salah satu tandanya yaitu URL website berkaitan. Belilah hosting dari situs hosting yang telah memakai https ://. Lebih baik sekali lagi bila sebelumnya URL-nya ada kunci gembok berwarna hijau dengan tulisan nama perusahaannya.

7. Check Kepemilikan Domain 

Saat beli domain di satu situs hosting hal penting yg tidak bisa ditinggalkan yaitu kepemilikan nama domain. Apakah atas nama client atau atas nama webhosting berkaitan.

Hal semacam ini perlu untuk memberi keleluasaan client dalam memanage domainnya sendiri. Atau bila memakai nama situs hosting Indonesia yang berkaitan, maka pastikan mereka bersedia merubah jadi nama kamu. Dan kerjakan pergantian nama dan password selekasnya setelah hosting kamu siap.

8. Backup 

Back up adalah hal yang penting untuk meyakinkan kalau data-data kamu aman, sebab sering data-data client hilang karena salah delete. Check jadwal back up hosting kamu, dan janganlah lupa kerjakan back up kamu sendiri.

9. Program Promo 

Ini penting juga. Dengan terdapatnya program promo, maka kita juga akan dapat menghemat biaya. Tetapi perhatikan juga, baiknya janganlah ambil penyedia hosting Indonesia yang terus-terusan memberi promo. Jangan-jangan harga aslinya memang kemahalan.

Sebelumnya beli hosting, baiknya Googling dahulu untuk mencari masalah yang sempat dihadapi oleh penyedia hosting yang anda pilih. Pakai keyword “nama_penyedia_hosting problem”. Cara beda yaitu dengan melakukan penelusuran ke komunitas yang disiapkan penyedia hosting di Indonesia itu.

Bila banyak komplain maka perlu anda check ulang, beberapa janganlah mereka hanya membawa problem masa datang. Check juga bagaimana caranya mereka dalam merampungkan problem yang dihadapi sama client.

11. Banding dengan Yang Lain 

Mungkin ini sistem yang paling menjengkelkan dan menelan waktu. Tetapi ini tetaplah harus dilakukan. Pertama banding dahulu space dan bandwidthnya dan bila perlu di konversi ke unit yang sama, karena semasing penyedia layanan hosting Indoenesia tesebut tentu memiliki paket yang berbeda.

Kemudian banding servicenya. Pertanyaan paling akhir, manakah yang paling kompetitif? Dari sana kita dapat memiliki beberapa alternatif untuk kita follow up dengan memperbandingkan beberapa aspek dari tips di atas.

12. Cocokkan Harga dengan Dompet 

Pastinya, pilih paket yang sesuai sama kantong kesanggupan kita. Pilihlan situs hosting yang sediakan paket beragam dan bila anda perlu paket yang murah jadi awal karier didunia situs, mencari yang sediakan paket murah tapi tidak murahan. Banyak kok.

13. Pembayaran Yang Fleksibel 

Cara pembayaran memang penting di perhatikan. Pilih yang sediakan pembayaran melalui beragam bank terlebih bank-bank besar seperti BCA dan Mandiri dan sebagainya. Bila perlu dapat juga transaksi melalui Paypal.

14. Saksikan Testimonial 

Meskipun berat samping dan relatif hanya menghadirkan testi yang positif, sekurang-kurangnya dari testimonial anda dapat lihat seberapa senang pelanggan hosting itu. Ini dapat berikan sekitar 30 % input yang baik.

Lihat juga : jasa pembuatan website jakarta timur

Dengan ikuti saran di atas, kami berharap sistem pembelian domain dan hosting Kamu bebas kendala sampai selanjutnya. Satu hal juga yang perlu di perhatikan dari penyedia situs hosting yaitu usianya. Makin masak usianya, dapat di pastikan perusahaan itu berkwalitas.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.